Selasa, 09 Agustus 2011

Bagaimana Travel yang Baik?

Bagaimana Menentukan Travel  Umroh & Haji Yang Baik?
Untuk saat ini penyelenggara umroh & haji banyak yang menggunakan jasa marketing/agen, dimana para agen ini yang mendatangi calon jama'ah {istilahnya "door to door"} atau menjemput bola. Tapi ada juga yang nakal, menawarkan umroh/haji, hanya bermodalkan brosur, tapi tidak punya kantor yang tetap, akhirnya jama'ah didaftarkan ke sembarang travel, yang kemungkinan akan menimbulkan banyak masalah.
Jadi untuk memilih travel penyelenggara umroh & haji yang baik, penting juga diperhitungkan beberapa hal berikut:

1. Fisik kantor tidak fiktif, lokasi mudah dijangkau
2. Ijin-ijin dari pihak terkait 
3. Bank credible
4. Informasinya jelas {brosur, banner, spanduk, alat peraga}
5. Pembimbing profesional
6. Kemudahan berkomunikasi
7. Berpengalaman

Masalah yang mungkin terjadi jika salah pilih travel:
1. Keberangkatan tertunda atau bisa jadi malah batal
2. Pelayanan yang kurang memuaskan
3. Pembimbing yang tidak profesional
4. Hotel jauh dari Masjidil Haram atau Nabawi
5. Makan ala kadarnya
6. Penambahan biaya selama di Tanah Suci
7. Tidak bertanggung jawab




Untuk ibadah umroh/haji yang sempurna, harus teliti dalam memilih travel atau biro penyelenggara yang     baik. Salah-salah, uang bisa hilang dan ibadahnya akan sia-sia.
Biasanya jika ada travel yang memasang dengan harga murah, perlu dipertimbangkan, mengingat harga tiket pesawat dan hotel di dekat masjidil Haram dan Nabawi sangat mahal. Bisa jadi harga paket yang murah  lokasi hotelnya jauh dari masjidil Haram, sehingga harus naik bis atau angkot dan untuk menuju kesana sekitar 15 menit. Atau bisa jadi juga pada saat menjelang keberangkatan, pihak travel akan meminta tambahan dana dengan alasan yang sengaja dibuat buat. Wahasil harga paket menjadi tidak murah lagi....

Bagaimana menentukan pilihan penyelenggara umroh yang bermutu?
Adakan survey paling tidak 2 bulan sebelum rencana tanggal keberangkatan, tanyakan pada kenalan yang sudah pernah berangkat, mintakan referensinya atau telusuri Google. Cari informasi sebanyak-banyaknya, pilih yang terbaik. Biasanya penyelenggara yang bermutu baik akan memberikan informasi yang terperinci. Baik mengenai harga, fasilitas hotel, makanan, penerbangan n pelayanan yang diberikan kepada jama'ah, sejak berangkat dari bandara Sukarno Hatta sampai kembali ke Indonesia, sehingga dapat menjadi pilihan sebagai travel umroh yang bermutu. Salah satu contohnya adalah, PT Musfiratur cab. Bogor, bisa menjadi alternatif pilihan pertama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar