Kamis, 11 Agustus 2011

Sejarah Mesjid Nabawi

Masjid Nabawi dibangun pertama kalinya pada tahun pertama hijrah {662 Masehi} pada hari kedua kedatangan Rasulullah Saw di Madinah al-Munawwarah. Luas awalnya sekitar 850 m2 dan tingginya sekitar 2,9 m. Atap mesjid ini adalah pelepah-pelepah tamar yang diikat dengan tanah liat dan dibangun agak condong untuk memudahkan pengaliran air hujan. 

Pada mulanya tepat berdirinya mesjid Nabawi ini adalah milik dua anak yatim yang bernama Suhail dan Sahl, keduanya berada dibawah penjagaan As'as bin Zararah al Anshari. Tempat ini menjadi tempat pengeringan buah-buah tamar dan telah dibeli oleh Rasulullah Saw. Kawasan tanah ini dikel;ilingi oleh pohon-pohon tamar, runtuhan-runtuhan bangunan lama dan makam milik orang non muslim. Kemudian telah dibersihkan untuk didirikan masjid.

Dari riwayat sejarah hijrah Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah, tersimpan rahasia pemilihan tempat masjid ini. Sewaktu Rasulullah Saw keluar dari Quba menuju Madinah, banyak orang berebut menuntun tali unta Rasulullah Saw, untuk mengajak beliau ke rumah masing-masing sebagai tamu mereka. Walau bagaimanapun Rasulullah Saw telah menyerahkan keputusan tujuan Rasulullah Saw kepada untanya dengan bersabda kepada orang banyak tersebut, "Lepaskanlah {unta ini}, sesungguhnya ia berada dibawah perintah {Allah Swt}." Karenanya unta itu harus berjalan sambil berpaling ke arah kiri dan kanan, sehingga ia berhenti di suatu tempat yang merupakan tempat mimbar yang ada pada hari ini. Setelah unta itu berhenti di tempat tersebut, Rasulullah Saw pun bersabda, "Di sinilah tempat tinggal, insya Allah."

Ketua-ketua kaum Khazraj saling berebut mengajak Rasulullah Saw bertamu ke rumah mereka. Sewaktu mereka saling berebut, Abu Ayub al-Ansari ra. lalu  mengambil barang-barang milik Rasulullah Saw dan dibawa ke rumahnya. Sambil tersenyum, Rasulullah Saw. bersabda, "Seorang itu hendaklah bersama barang-barang kepunyaannya. "Rasulullah Saw telah tinggal di rumah Abu Ayub al-Ansai selama sekitar setahun. Rumah itu betul-betul terletak berhadapan dengan Masjid Nabawi sekarang ini.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar