Kamis, 11 Agustus 2011

Rahasia Keutamaan Umrah {2}

Belanja di Jalan Allah SWT
Abu Bakar bin AbdurRahman diberitahu oleh utusan Marwan yang diutus kepada Ummu Ma'qil, dia berkata, "Abu Ma'qil telah menunaikan ibadah haji bersama Rasulullah Saw. Ketika beliau kembali, berkatalah Ummu Ma'qil,"Aku mengerti bahwa aku diwajibkan mengerjakan haji."
Kemudian mereka berdua pergi menemui Rasulullah Saw, lalu Ummu Ma'qil berkata, Ya Rasulullah, sesungguhnya aku diwajibkan mengerjakan haji, sementara Abu Ma'qil mempunyai seekor anak unta." Abu Ma'qil berkata, "Dia berkata:"Benar, aku telah membelanjakannya di jalan Allah Swt."

Kemudian Rasulullah bersabda,"Berikanlah kepadanya agar ia pergunakan untuk berhaji, sebab haji adalah di jalan Allah Swt." Kemudian Abu Ma'qil memberikan anak unta itu kepada Ummu Ma'qil, lalu Ummu Ma'qil berkata,"Ya, Rasulullah, sesungguhnya aku seorang perempuan yang sudah tua yang sering sakit-sakitan, maka adakah suatu amalan yang dapat mencukupiku dari haji itu?" Rasulullah Saw. bersabda, "Umrah pada bulan Ramadhan mencukupi haji." {Abu Daud}

Diceritakan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw. hendak menunaikan ibadah haji. Maka seorang perempuan berkata kepada suaminya, "Hajikanlah aku bersama Rasulullah." Lalu si suami berkata,"Aku tidak mempunyai kendaraan untuk engkau pergunakan berhaji." Perempuan itu berkata, "Hajikanlah aku dengan untamu yang itu." Si suami berkata, 'Unta itu khusus dipergunakan di jalan Allah Swt." Kemudian suami itu mendatangi Rasulullah Swt, dan berkata, "Sesungguhnya istriku menyampaikan salam kepada tuan. Beliau meminta kepadaku agar dapat menunaikan haji bersamamu. Lalu aku katakan bahwa aku tidak mempunyai kendaraan yang dapat dipergunakan untuk berhaji. Aku hanya mempunyai seekor unta yang khusus dipergunakan di jalan Allah Swt."

Kemudian Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya seandainya engkau menghajikan istrimu dengan {unta} itu, niscaya itu adalah di jalan Allah Swt." Lelaki itupun berkata, "Dia juga menyuruhku untuk menanyakan kepada tuan tentang {amalan} yang menyamai ibadah haji bersamamu." Maka Rasulullah Saw. pun bersabda "Ucapkanlah salam sejahtera baginya dan beritahulah kepadanya bahwa sesungguhnya umrah itu menyamai ibadah haji bersamaku."
Maksudnya umrah pada ulan Ramadhan. {Abu Daud} 

Umrah adalah Tathawwu'
Thalhah bin Ubaidillah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, "Haji adalah jihad, sedangkan umrah adalah tathawwu' {ibadah sunnah}."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar